This nice Blogger theme is compatible with various major web browsers. You can put a little personal info or a welcome message of your blog here. Go to "Edit HTML" tab to change this text.
RSS

21 Juni 2013

Forum Komunitas Penting Buat Portal Berita Terkini Liputan6

Oleh Rudi Maryati

Sebagai salah satu portal yang menyediakan berita terkini , berita terbaru, dan berita hari ini maka portal berita terkini liputan6.com akan menjadi sebuah website yang paling amat diburu dan dicari oleh para pemburu berita di seluruh Indonesia dan dunia.   Berbagai kemajuan baik perkembangan teknologi situs web dan juga aneka fasilitas yang ditawarkan oleh para pembuat website seolah berlomba lomba menyajikan yang terbaik untuk atau bagi para pengunjung setianya.

Ini juga tidak terlepas dari perjalananan  portal berita terkini liputan6.com  yang terus berbenah dan mengembangkan dirinya kepada para penggunanya terlepas dari bayang bayang Situs SCTV Satu Untuk Semua yang menjadi "induk" nya selama ini.

Berbagai kecanggihan akrobatis, dan teknologi yang sering ditampilkan oleh berbagai situs berita terkini dan berita hari ini di jagat internet tentu tidak akan menyurutkan langkah  portal berita terkini liputan6.com  untuk terus mengokohkan dirinya menjadi situs terpercaya di Indonesia dalam hal penyajian berita terkini dan berita terbaru nya.





Salah satu unsur yang sangat penting dalam sebuah situs Berita Terkini dan Berita Terbaru seperti  portal berita terkini liputan6.com  yang seharusnya ada adalah penanganan anggota dan keanggotaan (Membership Service).   Mungkin sebagian pendesain website (pembuat website) cenderung mengabaikan faktor anggota atau keanggotaan (membership) yang sangat berpotensi untuk membentuk community yang ada dalam websitenya.

Persepsi negatif dalam memberlakukan anggota dan keanggotaan (membership) sebuah website adalah selalu dipersepsikan sebagai kerumunan orang yang layak disuguhkan berita iklan atau tawaran commercial yang diharapkan akan dibeli atau dibayar oleh pengguna atau para pengunjungnya.  Ini juga bukannya tidak boleh, namun sebaiknya dihindari penerapannya pada   situs Berita Terkini dan Berita Terbaru seperti  portal berita terkini liputan6.com yang sudah sangat populer di Indonesia ini.

Tidak seperti website berita panas yan mengharuskan pengguna atau pengunjung untuk menjadi anggota atau diharuskan untuk berlangganan berita dengan biaya tertentu sebagai "balas jasa" jerih payah wartawannya dalam menyajikan sajian berita dan informasi bagi para pengunjungnya. Konsep paid news atau berita berbayar ini kelak mungkin akan menjadi hal keniscayaan yang bisa saja terjadi pada  sebuah situs Berita Terkini dan Berita Terbaru seperti  portal berita terkini liputan6.com seperti ini.

Dengan adanya forum komunitas (community forum) ini bisa menjadi communication tool bersifat dua arah yang saling berinteraksi antara pengelola  sebuah situs Berita Terkini dan Berita Terbaru seperti  portal berita terkini liputan6.com  dengan para pengunjungnya.   Salah satu manfaatnya adalah para member baik yang sudah mendaftar (registered) maupun yang bersifat tamu (guest) bisa saling berinteraksi dalam komunitas sesuai dengan tema atau mission yang mau dibagikan.

Jika forum komunitas situs Berita Terkini dan Berita Terbaru seperti  portal berita terkini liputan6.com  ini hanya untuk membahas dan atau mendiskusikan konten atau isi situs   portal berita terkini liputan6.com maka setiap anggota terdaftar (registered) sudah dianggap memathui ketentuan main (Rule of The Game) dari pengelola  portal berita terkini liputan6.com .   Begitu juga jika forum komunitas portal berita terkini liputan6.com ini untuk ajang "kita kita" maka pengelola portal berita terkini liputan6.com juga harus bertindak bijak.

Misalnya jika ada anggota terdaftar (registered member) melakukan promosi terselubung yang berisi konten URL aktif yang memang umumnya tidak diperkenankan, maka pengelola portal berita terkini liputan6.com dapat memberi peringatan (warning) kepadanya agar sesuai dengan "PAKEM" yang biasa ada dalam setiap forum komunitas.  

Begitu pula jika ada pertanyaan atau saran yang bermanfaat maka pengelola portal berita terkini liputan6.com  dapat memberikan reward atau minimal ucapan terima kasih. Ingatlah selalu untuk tidak pelit berterima kasih kepada pengguna yang telah memberikan kontribusi yang positif bagi portal berita terkini liputan6.com  (Rudi Maryati)

0 komentar: